DPKPP - Kepala Bidang Tata Bangunan pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Sumedang, Budi Santosa mengatakan, pembangunan ulang tugu selamat datang di Desa Ciherang Kecamatan, Sumedang Selatan dilakukan karena ada sedikit kesalahan pada desain awal.  "Ada sedikit kesalahan pada desainnya. Pada waktu itu ada beberapa masukan, kemudian kami membuat konsepnya. Tapi memang hasilnya kurang maksimal seperti itu," ujarnya, Senin (14/9/2020).

Budi menuturkan, awalnya konsep desain tugu tersebut menunujukan ciri khas Kabupaten Sumedang, namun karena ada kesalahan desain, hasilnya tidak sesuai. "Pertama kami menggunakan konsep pembangunan tugu itu dari bahan akrilik dengan anggaran Rp 180 juta," katanya.

Ia mengakui, pembangunan tugu selamat datang yang dibangun pada tahun 2019 itu konsepnya tidak dikonsultasikan atau diajukan terlebih dahulu dengan Bupati Sumedang. "Intinya Pak Bupati hanya menginginkan konsep tugu itu yang mencirikan identitas Sumedang. Jadi, dengan pembangunan sekarang akan dibangun dengan konsep modern tanpa meninggalkan akar budaya," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)