SUMEDANGKAB.GO.ID, JATINUNGGAL- Dusun Cipeuteuy, Desa Cimanintin dikukuhkan sebagai kampung tohaga lodaya di wilayah Kecamatan Jatinunggal.
Dusun Cipeuteuy dinilai cocok untuk menjadi kampung tohaga karena di wilayah tersebut terdapat komoditas hasil bumi untuk ketahanan pangan.
Camat Jatinunggal, Edi Wahyu menyatakan, pembentukan kampung tohaga merupakan bagian dari upaya menciptakan wilayah tersebut menjadi tangguh, mandiri terutama dalam ketersediaan pangan.
"Kami lihat warga Dusun Cipeuteuy kaya akan hasil bumi seperti padi, tanaman palawija dan masyarakatnya mandiri," ujar Edi usai pengukuhan yang dilaksanakan di kelompok tani Guna Makmur Blok Ceba Dusun Cipeuteuy, Selasa (14/7/2020).
Edi mengatakan, selain banyaknya hasil bumi untuk kebutuhan pangan, masyarakat Dusun Cipeuteuy terkenal dengan budaya gotong royongnya. 
Dengan modal gotong royong masyarakat bisa saling bantu dalam melaksanakan pembangunan.
"Selain bisa kuat secara pangan juga masyarakatnya bisa berupaya menciptakan peluang usaha untuk perekonomiannya," katanya.
Seperti diketahui pembentukan kampung tohaga adalah program Polri yang tujuannya membentuk masyarakat kampung agar bisa memperkuat ketahanan pangan.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)