SUMEDANGKAB.GO.ID, PEMKAB  - Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Sumedang berhasil meraih juara harapan tiga tingkat Provinsi Jawa Barat. Pemilihan Duta Genre digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2020.

Kasie Kesehatan Reproduksi Remaja Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Erna Juwita mengatakan Duta Genre Sumedang yang berhasil meraih juara harapan tiga tingkat provinsi tersebut atas nama Aldi Lukman Nul Hakim.

"Aldi merupakan anggota PIK (pusat informasi konseling) Pajajaran Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor dari jalur masyarakat," jelas Erna, Rabu (22/7/2020).

Erna menyebutkan, dalam kegiatan Duta Genre tingkat Provinsi ini Kabupaten Sumedang mengirimkan dua orang perwakilan yaitu satu laki laki atas nama Aldi dan satu perempuan atasnama Muthi Nur Jalilah dari PIK UPI Sumedang jalur pendidikan. Dari dua Duta Genre, Aldi menjadi juara harapan 3. Sementara, Aldi dan Muthi sendiri adalah peraih juara 2 pemilihan Genre Kabupaten Sumedang tahun 2019  lalu.

"Untuk tahun ini kami memang tidak melaksanakan pemilihan Duta Genre tingkat Kabupaten Sumedang sehubungan pandemi covid 19, dan untuk mewakili Sumedang ke tk Provinsi kami pilih yang juara dua tahun lalu, karena yang juara 1 tidak bisa dikirimlagi sehubungan telah ikut tahun lalu," tambah Erna.

Saat situasi pandemic, penilaian Duta Genre Provinsi dilakukan virtual selama 5 hari. Ada beberapa kriteria penilaian dalam kegiatan lomba Duta Genre ini terutama tentang inovasi anak remaja dengan subtansi penilaian mencakup Kependudukan dan pembangunam KB, kesehatan reproduksi remaja, life skill dengan konsep diri  penyiapan berkeluarga bagi remaja. Selain itu peserta merupakan anggota PIK aktif dan satu Duta Genre minimal membina 2 PIK lainnya. Lebih lanjut dikatakan Erna karena terpilih sebagai Duta Genre tingkat Kabupaten Sumedang, maka kedua remaja tersebut nantinya bergabung dengan kelompok kerja pelayanan (pokjayan) di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Sumedang dan akan ikut membina PIK Remaja yang ada di Sumedang selama satu ke depan. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)