Penulis : Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

BPBD - Early Warning System (EWS) atau sistem peringatan dini akan dipasang pihak Pemkab Sumedang di sekitaran kompleks Citengah Kecamatan Sumedang Selatan.

Kepala BPBD Sumedang Atang Sutarno mengatakan dalam pemasangan alat ini pihak BPBD Sumedang menjalin kerjasama dengan Universitas Indinesia (UI). "Kebetulan di UI ada jurusan terkait ilmu yang mempelajari cuaca, tentunya pemasangan alat ini sekaligus juga untuk tempat study bagi UI," jelas Atang Senin (15/7/2022).

Ditambahkan Atang, pemasangan alat ini rencananya akan dilaksanakan Kamis (18/8/2022) dan sedikitnya akan ada 5 alat yang dipasang di 5 titik dengan fungsi yang berbeda beda. "Melalui EWS nantinya akan diketahui tanda tanda bencana alam seperti banjir dan longsor dan juga yang lainnya sehingga upaya antisipasi dapat segera dilakukan," katanya.

Menurutnya, alasan akan di pasanganya EWS di komlleks Citengah mengingat kawasan ini memamg rawan terjadinya bencana. Setelah dipasang EWS di kompleks Citengah, pihak BPBD juga tentunya akan melakukan pengawasan sehingga alat tersebut benar benar aman. "Selain dengam pihak UI, pihak BPBD juga tengah melalukan penjajakan kerjasama dengan pihak UGM terkait hal yang sama," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)