SUMEDANGKAB.GO.ID, CIBUGEL - Forkopimcam Cibugel melakukan upaya pembersihan ruas Jalan Cibugel-Limbangan (Garut), yang tertutupi material longsor. Camat Cibugel, Cincin Sondali menuturkan upaya menyingkirkan material longsor dilakukan dengan cara menerjunkan alat berat beko.

"Selain menggunakan alat berat, warga bersama unsur TNI, Polri, serta Satpol PP juga ikut membantu membersihkan jalan dari material longsor, dengan alat sederhana," kata camat.

Kata camat, alat berat digunakan karena material longsor yang menutupi badan jalan sangat banyak.
"Material longsor berupa tanah dan batang pohon bambu," ucapnya.
Kapolsek Cibugel, AKP Idan Wahyudin menuturkan, sebelumnya terjadi longsor pada Minggu (20/12/2020) sekitar pukul 19.30 WIB, tepatnya di blok Gorowong Dusun Cipeureu Desa Buanamekar. Material longsor menutupi badan jalan penghubung Cibugel-Limbangan Garut hingga sepanjang 40 meter.
"Longsor sepanjang 40 meter dengan ketinggian sekitar 11 meter. Akibatnya akses jalan jalur Limbangan-Cibugel lumpuh total," kata Idan seraya menyebutkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, karena saat kejadian tidak ada yang melintas. "Alhamdulillah tidak korban jiwa, lokasinya memang di wilayah perkebunan, dan cukup jauh dari permukiman warga," ucapnya.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)