SUMEDANGKAB.GO.ID,PASEH - Usai moment pelaksanaan Peringatan HUT ke-75 RI yang dilaksanakan secara virtual di Kantor Kecamatan Paseh, Forkopimcam Kecamatan Paseh melaksanakan 'Gerakan Siliwangi Cinta Tanah dan Air", Senin (17/8/2020). Gerakan Siliwangi Cinta Tanah dan Air ini merupkan terobosan yang dilakukan TNI dalam upaya meningkatkan kesuburan tanah pertanian agar lebih subur dan produktif. Dalam aksi tersebut dilakukan penyiraman cairna Bios 44di Lahan Lembur Tohaga Desa Pasireungit Kecamatan Paseh.

"Kami pihak TNI dari Pos Koramil Paseh mengucapkan terimakasih kepada Pak Camat, Pak Kapolsek, perangkat Desa Pasireungit serta rekan-rekan ormas dan Karang Taruna desa yang sudah ikut andil dalam mendukung program ketahanan pangan dalam rangka upaya mengantisipasi keterbatasan pangan pasca pandemi Covid-19," kata Batibung Pos Koramil Paeeh Peltu Agus, dalam keterangan yang dikeluarkan Pendim 0610/ Sumedang, Senin (17/8/2020).

Menurut Agus, kegiatan penyiraman tanah dan air tersebut ini dilaksanakan secara serentak di wilayah Kodam III/Slw atau Propinsi Jawa Barat. Agus juga menjelaskan, cairan Bios 44 merupakan paduan mikroorganisme yang akan memperkecil hingga menutup rongga-rongga lahan gambut.

"Manfaatnya sangat beragam diantaranya bisa untuk pertanian, perikanan, dan bahkan mencegah kebakaran hutan serta lahan," ujarnya.

Sementara itu, usai pelaksanaan memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Camat Paseh Beni Satriaji megatakan, moment upacara kali ini dilaksanakan tidak seperti biasanya seperti tahun-tahun sebelumnya. Kendati dilaksanakan secata virtual, namun tidak mengurangi kekhidmatan pelaksanaan upacara peringatan HUT RI.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)