Penulis: Endan Dodi Kusnaedi | Editor: Vera Suciati

JATINUNGGAL - Gerakan Bersama (Geber) lawan kemiskinan dan Stunting diwilayah Kecamatan Jatinunggal ditandai dengan pemberian bantuan makanan tambahan berupa makanan hasil olahan dari ikan bagi para ibu hamil dan balita stunting.

Camat Jatinunggal A Beni Triyadie mengatakan kegiatan dilaksanakan pada Senin (13/3/2023) dimana dalam pelaksanaannya pihak kecamatan bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jabar dan juga Diskanak Sumedang.

"Kegiatan ini dilakukan di 4 desa lokus stunting yaitu Sukamanah, Kirisik, Cipendeuy dan Sirnasari," kata Beni, Kamis, 16 Maret 2023.

Menurut Beni, kegiatan dilakukan secara maraton dari satu desa ke desa lainnya di hari yang sama. Adapun jumlah bantuan untuk Desa Sukamanah 35 paket, Desa Cipeundeuy 65 paket, Desa Kirisik 36 paket dan Sirnasari 43 paket. Selain pemberian bantuan makanan tambahan dalam kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi tentang manfaat makan ikan menuju gerakan gemar makan ikan bagi para ibu hamil dan orang tua balita stunting.

Beni berharap melalui kegiatan gerakan bersama ini angka stunting di Kecamatan Jatinunggal dapat turun bahkan sampai nol kasus stunting. 

Secara terpisah Kadis Perikananan dan Peternakan Kabupaten Sumedang Nandang Suparman mengatakan selain di Kecamatan Jatinunggal, ada satu desa lagi penerima bantuan makanan tambahan hasil olahan ikan yaitu Desa Sirnamulya Kecamatan Sumedang Utara.

"Untuk 5 desa ini total ada 200 paket bantuan yang diberikan bagi ibu hamil dan balita stunting," tambahnya.

Adapun 1 paket bantuan terdiri dari naget ikan, otak otak, pindang ikan mas, gimsum dan ikan krispi. (*).

(penerbit: sumedangkab.go.id)