SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Meilani Marjuki, pemilik usaha Mahani Catering mengungkapkan rahasia sukses bisnis makanan masa kini adalah dengan menerapkan ‘ghost kitchen’. Yaitu, bisnis makanan dengan tanpa membuka outlet sehingga tidak ada tempat untuk makan di tempat dimana makanan tersebut di produksi atau diolah. Dengan kata lain, konsumen tidak juga melihat dapur tempat produksi karena dipesan dengan cara online atau melalui telepon dan dikirim dengan jasa kurir.

“Saya mulai membangkitkan kembali usaha kuliner dan resto saya itu dengan konsep ghost kitchen, jadi hanya produksi saja, tidak membuka outlet, sehingga lebih efisien,” kata Meilani, Kamis (28/5/2020).

Konsep ini berhasil diterapkan Meilani dalam waktu 1,5 tahun saja hingga usahanya berkembang lagi. Beberapa produk lahir dari konsep ini yaitu rice bowl dan mie yamin pansos. Meilani juga menerima orderan catering untuk anak sekolah dalam jumlah puluhan bahkan ratusan.

Menurut Meilani, beberapa rekan sesama pebisnis kuliner yang mempunyai outlet malah kini beralih ke ghost kitchen di masa pandemi ini. Jadi, konsep ghost kitchen ini relatif bertahan di masa krisis pandemi atau situasi tak menentu lainnya.

Ditambahkan, konsep usaha kuliner ini juga sudah banyak didukung oleh jasa kurir, pemasaran online dan promosi online.

“Jadi konsep ini memang cocok di era digital dan gaya hidup yang serba ingin praktis seperti saat ini,” kata Meilani.

Kini, Meilani tak segan membagikan rahasia konsep usaha kuliner ini kepada rekan atau teman-temannya. Bagi siapapun yang ingin berusaha kuliner dengan konsep ghost kitchen, Meilani akan dengan senang hati berbagi cerita dan pengalamannya.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)