SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menghimbau kepada setiap Camat se-Kabupaten Sumedang untuk kembali menggerakan fungsi Gugus tugas di setiap desa.

"Semua GTPP di desa kembali bergerak untuk menjadi bagian dari sosialisasi dan edukasi serta pemberian sanksi kepada masyarakat mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan, karena saat pemberlakuan AKB gugus tugas desa sudah tidak berjalan dengan baik," jelasnya dalam Rapat Evaluasi AKB,di Pendopo IPP. Rabu (18/8/2020)

Selain mengaktifkan kembali gugus tugas disetiap desa, disampaikan pula bahwa setiap desa perlu memiliki panduan yang telah disediakan oleh Dinas Kesehatan Sumedang.

"Nanti Dinkes siapkan panduan isolasi mandiri dan beritahu camat dan desa agar ada tim khusus memantau masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri, aturan makan hingga vitamin yang perlu dikonsumsi agar yang melaksanakan isolasi mandiri nantinya dapat dipantau dengan baik oleh tim gugus tugas desa," tambah Dony.

Tidak hanya menjalankan kembali tim gugus tugas desa siaga, setiap desa perlu menyediakan tempat isolasi.

"Informasikan kepada masyarakat bahwa disaat pandemi penggunaan masker sebagian dari ibadah salah satu bentuk pencegahan, tiap desa siapkan tempat isolasi mandiri minimal 1 tempat disetiap desa mengajak masyarakatnya untuk bergotong royong melawan pandemi," ujarnya lagi. ***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)