GAJAH AGUNG - Gubernur Jawa Barat (Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D.) secara resmi menutup acara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 37 Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Komplek IPP Kabupaten Sumedang. Sabtu malam, 25 Juni 2022.

MTQ yang dimulai pada 18 Juni 2022 itu diikuti seluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Barat dengan total peserta dari seluruh cabang yang diperlombakan mencapai 1.123 orang. Untuk menjaga netralitas penilaian panitia mendatangkan dewan hakim nasional sebanyak 11 orang.

"MTQ ke 37 ini berbasiskan teknologi informasi dan sangat kental oleh sentuhan budaya. Dengan pemanfaatan IT, dakwah/syiar islam akan semakin melangit, terbukti dengan aplikasi MTQ realtime kurang lebih 4ribu pengguna aplikasi tersebut termasuk didalamnya ada fitur live streaming MTQ dengan viewer lebih dari 240ribu, dan ada 10 negara yang membuka aplikasi MTQ ini," ungkap Bupati Sumedang, Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM) dalam sambutannya.

Berdasarkan penilaian Dewan Hakim, diputuskan juara umum MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 berhasil diraih oleh Kota Bandung dengan perolehan nilai 65. Pada pelaksanaan MTQ ke 37 ini, Sumedang berhasil melesat meraih peringkat 6 dengan perolehan nilai 31 yang sebelumnya ada di peringkat 24 pada saat pelaksanaan MTQ di Subang.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan santuan dari BPJS Ketenagakerjaan sebesar 42juta rupiah oleh Gubernur Jawa Barat kepada ahli waris KH. Endang Hamzah (Hakim Qiroat Murottal Sab'ah) yang meninggal pada saat bertugas.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat menyebutkan atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengucapkan syukur dan selamat atas kesuksesan seluruh rangkaian kegiatan MTQ ke 37 tahun 2022.

Gubernur Jabar : "Aura Kasih Pergi Makan Rendang, Atta Halilintar Pergi Makan Baso Tulang. Terimakasih Untuk Masyarakat Sumedang, MTQ Jabar Sukses Dengan Gemilang!" (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)