SUMEDANGKAB.GO.ID, JATINUNGGAL-
Para perajin gula di Kampung Cidarma, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Jatinunggal optimis produksi gula aren olahan mereka bisa dipasarkan ke berbagai daerah.
Dibentuknya paguyuban perajin gula aren akan memacu peningkatan produktivitas perajin gula.
"Sampai saat ini 83 persen warga di Cidarma menjadi perajin gula aren. Bagi kami mengolah aren menjadi gula memang sudah warisan turun temurun," ujar Atang, tokoh masyarakat Cidarma, Rabu (29/10/2020).
Atang menyebutkan, pengolahan gula aren masih dilakukan secara tradisional. Hal itu dilakukan untuk menjaga kualitas rasa dari gula yang diproduksi.
"Yang ada pengembangan paling di cetakan saja. Kalau olahannya masih olahan tradisional yang biasa kami lakukan," katanya.
Atang mengaku produksi gula aren dari Cidarma tak akan musnah. Dari generasi ke generasi gula aren terus dibuat. Namun seiring waktu memang ada kendala di ketersediaan pohon aren. 
"Tapi kami juga sudah siapkan pohon aren pengganti yang nantinya akan tumbuh dan menjadi stok bahan baku untuk membuat gula," ucapnya.
Dia menyatakan, pemasaran gula aren kini lancar dan mulai meluas.
Gula aren Cidarma kini dibeli oleh pemasok ke Pasar Sumedang dan pabrik kecap di Majalengka.
"Kisaran 5 sampai dengan 8 kuintal seminggu gula dari Cidarma masuk ke Pasar Sumedang dan ke pabrik kecap di majalengka," katanya.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)