DINKES - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes)  Dadang Sulaeman menyampaikan bahwa indikasi penyebaran Covid-19 dipengaruhi perilaku masyarakat dalam keseharian di tengah wabah.  Masih banyaknya masyarakat yang mudik dari zona merah ke Sumedang, diimbau masyarakat untuk jujur agar tidak  semakin menyebar wabah di masyarakat dan membahayakans. "Masih banyak masyarakat yang berbohong saat pemeriksaan kesehatan, memiliki gejala namun tidak mengaku telah berpergian dari mana," katanya. (6/5/2020).

Menurut Dadang, hal tersebut didorong rasa takut masyarakat mengenai pemahaman isolasi diri. "Banyak yang takut dengan isolasi, pemahaman isolasi konteksnya negatif padahal hal tersebut harus dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ditengah wabah," tambahnya.

Ada empat indikator yang perlu diperhatikan masyarakat untuk ikut memerangi Covid-19, yaitu menggunakan masker saat ke luar rumah jika kepentingan mendesak, cuci tangan setelah dan sebelum aktifitas, jaga jarak aman, dan juga jujur saat pemeriksaan. "Empat indikator yang harus diterapkan semua orang saat pandemik ini, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak aman dan juga jujur saat pemeriksaan," ujarnya lagi. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)