WADO - Harga gula merah asli Wado kini mengalami kenaikan. Biasanya para pedagang hanya menjual gula merah kisaran Rp 20.000/kg. Kini harga gula naik menjadi Rp 25.000/kg.

Hendi seorang pedagang gula asal Cikareo Wado menyebutkan,, kenaikan harga tersebut menurut  pedagang karena disebabkan kelangkaan gula dari perajin. "Bulan sebelumnya kami menjual gula merah sekitar Rp.20.000/kg. Tapi saat ini karena gula merah langka ya terpaksa dinaikin," kata Hendi, Rabu (30/9/2020).

Biasanya, kata dia, gula merah dipasok dari Sukasari, Ganjaresik, Sukanyiru, Sukajadi dan daerah Cimungkal. Namun kini gula hanya didapat dari Cisadap Desa Sukajadi dan Galemo, Desa Cilengkrang. "Biasanya kalau pada musim kemarau memang gula biasanya langka. Kadang perajin memproduksi juga untuk konsumsi sendiri atau hanya pesanan saja," katanya.

Namun demikian,meskipun gula merah asli Wado langka tapi permintaan konsumen  tetap banyak.  Kondisi itu membuat pedagang juga terpaksa menaikan harga. "Mudah-mudahan pada bulan depan perajin gula kembali memproduksi banyak gulanya. Jadi harga juga kembali bisa normal," ujar Hendi. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)