CIJEUNGJING - Kementerian Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung menggelar penanaman bibit pohon, dalam rangka Hari Bakti ke-75  PUPR di area Satker Bendungan Jatigede, Desa Cijeungjing Kecamatan Jatigede, Jumat (4/12/2020). Acara tersebut juga dihadiri pihak desa, kecamatan, Polsek, Koramil, karang taruna, dan perwakilan sekolah tingkat SD.

Camat Jatigede, Widodo menyebutkan, dalam kegiatan itu dilakukan penanaman sekitar 100 bibi pohon yang bernilai ekonomis, diantaranya mangga, durian dan pohon nangka. Camat pun mengapresiasi kegiatan tersebut. "Dengan penanaman ini diharapkan keberadaan bendungan dapat bermanfaat lebih besar bagi masyarakat, selain untuk irigasi, air baku, dan pembangkit listrik," katanya.

Dalam keterangan resminya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pihaknya menggelar penanaman pohon di area hijau bendungan (green belt), adalah salah satu upaya untuk mengajak masyarakat berperan aktif, dalam upaya konservasi sekaligus pengembangan potensi ekonomi lokal di sekitar bendungan. "Penanaman pohon di area sabuk hijau bendungan merupakan salah satu upaya kami mengajak masyarakat berperan aktif dalam upaya konservasi sekaligus pengembangan potensi ekonomi lokal di sekitar bendungan, yang dilakukan tanpa mengganggu fungsi utama bendungan sebagai tampungan air," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)