SUMEDANG - Tiga pasien positif Covid-19 yang diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang dinyatakan sembuh, Jumat (4/9/2020). Ketiga pasien tersebut yakni NR asal Kecamatan Sumedang Utara, I asal Kecamatan Sumedang Selatan, dan DS asal Kecamatan Rancakalong.

"Ada tiga pasien positif Covid-19 sudah sembuh dan sore ini mereka bisa pulang ke rumahnya masing-masing," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri, Jumat (4/9/2020).

Iwa mengatakan, untuk pasien berinisial NR langsung diantar pulang oleh pihak Puskesmas Situ Kecamatan Sumedang Utara. Sedangkan untuk pasien I dan DS diantar oleh tim dari RSUD Sumedang.

"Kemarin jumlah pasien positif Covid-19 sisa 4 orang, kemudian hari ini ada 3 orang yang sembuh, artinya sekarang sisa tinggal satu orang lagi," katanya.

Ketiga pasien tersebut, lanjut Iwa, menjalani isolasi dan perawatan di RSUD Sumedang selama 10 hari, dan dinyatakan sembuh dalam waktu singkat, karena mereka merupakan orang tanpa gejala.

"Intinya, kalau dia OTG, setelah 10 hari menjalani isolasi mandiri bisa pulang dan dinyatakan sembuh," ucap Iwa

Sementara, untuk satu pasien yang masih menjalani isolasi di RSUD, pihaknya belum bisa memastikan kapan dia bisa pulang, sebab masih membutuhkan perawatan. Secara keseluruhan atau akumulasi pasien positif Covid-19 di Sumedang, totalnya mencapai 94 orang. Dari jumlah tersebut, 92 orang sudah dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)