TANJUNGKERTA - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Tanjungkerta Kabupaten Sumedang membantu memerangi Covid -19 dengan menyerahkan bantuan 320 masker kain dan 2 lusin jas hujan ke Posko Utama PSBB Kecamatan Tanjungkerta . Fatayat , organisasi kaum perempuan muda yang merupakan badan otonom NU.

Bantuan masker kain diserahkan Ketua PAC Fatayat NU Kecamatan Tanjungkerta, Ai Faridah kepada Camat Kecamatan Tanjungkerta, Beni Satriaji, di Posko Utama PSBB Kecamatan . Kegiatan ini merupakan  agenda tahunan PAC Fatayat NU Tanjungkerta untuk mengisi Harlah Fatayat NU dengan melaksanakan berbagai kegiatan. Salah satunya melaksanakan baksos dengan memberikan santunan kepada anak yatim janda dan lansia.

"Namun karena tahun ini kegiatan Harlah ada dalam masa pandemi, kegiatan harlah lebih kepada melakukan ikhtiar batiniah dan lahiriyah. Ikhtiar batiniahnya nyaitu dengan melakukan doa bersama, khataman Al Qur'an 30 juz, dan membaca Salawat Nariyah 4.444 kali," ujar Farida, Minggu (3/5/2020).

Sedangkan ikhtiar lahiriah yaitu melalui penggalangan dana dari para anggota untuk membuat masker produk sendiri yang kemudian didonasikan kepada masyarakat. Pembuatan masker itu sendiri memanfaatkan anggota Fatayat yang bergerak di bidang UMKM Konfeksi.

Donasi masker ini rencananya akan dilaksanakan 3 tahap. Aksi peduli covid-19 tersebut sebagai bentuk perhatian organisasi terhadap upaya pencegahan penularan dan penyebaran virus corona.   “Salah satu protokol kesehatan yang harus dipatuhi warga di masa wabah virus corona adalah memakai masker jika keluar rumah. Mudah-mudahan bantuan masker kain dan jas hujan tersebut bisa bermanfaat bagi petugas dan masyarakat umum,” katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)