SUMEDANGKAB.GO.ID, PEMKAB - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir pimpin Rapat Evaluasi Konsulidasi Persiapan SAKIP, di Pendopo Kantor Pemkab. Kamis (17/9/2020) . Menurut bupati, Kabupaten Sumedang menargetkan nilai AA atau memuaskan untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan atau Sakip.

SAKIP bagian dari birokrasi yang menggambarkan apa yang dilakukan setiap SKPD untuk dapat dinilai secara objektif. Maka SKPD harus memahami dulu substansi agar tugas optimal. Jika sakip baik maka nilai perbaikan kinerja dan kesejahteraan masyarakat juga baik. Target SAKIP akhir tahun 2023 berakhir dengan nilai AA dan B tahun 2020.

“Pencapaian nilai SAKIP tidak hanya rancangan anggaran, perlu merangkai rancangan dokumen sebelumnya, kondisi hari ini dan kemungkinan kedepan dirangkai menjadi sebuah perencanaan ke depannya, agar pencapaian SAKIP optimal untuk kemajuan masyarakat Sumedang,” kata Dony.

Salah satu upaya lainnya yang dilakukan pemerintah untuk menaikan nilai SAKIP berupa Pembinaan SAKIP bagi setiap SKPD dan pembinaan SAKIP Desa.

"Desa ikut ambil dalam penilaian SAKIP, setiap Kecamatan perlu mengarahkan kepada setiap Desa bahwa nilai SAKIP yang sangat perlu diperhatika berupa angka penurunan kemiskinan, menurunkan angka stunting, dan peningkatan kualitas pelayanan, Desa maju kecamatan maju setiap anggaran yang ada di desa harus perdampak terhadap kualitas hidup masyarakatnya," tambahnya. ***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)