SUMEDANGKAB.GO.ID, WADO - Petani di sejumlah wilayah, diantaranya di wilayah pesawahan Jatinunggal, Wado dan Darmaraja, kini mulai melaksanakan panen padi musim tanam kedua yang hasilnya sangat memuaskan.

"Dari minggu lalu hingga minggu depan masanya panen padi di wilayah kami. Panen sekarang sangat bagus karena kualitas padi juga bagus," ujar Dadan Rahmat, petani di Desa Cikareo Selatan, Kecamatan Wado, Minggu (2/8/2020).

Menurut Dadan, kualitas padi terjaga karena selama musim tanam pasokan air ke pesawahan cukup. Selain itu pada musim panen kedua ini tidak ada hama yang menyerang. Mungkin karena suhu yang mulai panas sehingga tidak ada hama pengganggu.

Petani lainnya di Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Ohim Sukmana mengatakan, hadil panen musim tanam kedua lebih baik dari hasil panen musim tanam pertama (Januari-Maret).

"Di lihat dari jumlah hasil padinya, lebih banyak hasil panen kedua," ucapnya.

Ia mengambarkan, dari kisaran luasan 100 tumbak petani mendapat hasil panen sekitar 8 kuintal. Biasanya hanya 6-7 kuintal. Namun demikian, sejumlah petani mengungkapkan, untuk selanjutnya, mereka akan memilih menanam palawija. Pasalnya kemungkinan cuaca akan memasuki masa kemarau.

"Daripada nanti tidak ada air, kami mungkin tanam palawija saja," katanya.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)