SUMEDANGKAB.GO.ID, CIBUGEL - Camat Cibugel Cicin Sondali menyebut sejumlah titik di wilayah Kecamatan Cibugel terbilang rawan bencana. Sejumlah wilayah rawan bencana diantaranya di Dusun Antara, Desa Tamansari, wilayah Desa Buanamekar, Desa Cjpasang dan Desa Jayamekar.

"Warga yang tinggal di wilayah rawan bencana diharapkan selalu waspada apalagi saat turun hujan," kata Cicin, Jumat (20/19/2019).

Disebutkan potensi bencana di wilayah Cibugel dominan potensi longsor. Karena kebanyak wilayah Cibugel adalah perbukitan.

"Siagakan semua hal, termasuk monitoring tempat potensi setiap waktu," ucapnya

Diakuinya, sebanyak 7 wilayah desa yang ada di Kecamatan Cibugel sudah melakukan pengecekan dini terhadap titik-titik yang dinilai rawan atau rentan longsor.

"Sebagai warga yang berada di daerah perbukitan kita respon terhadap segala kemungkinan. Melihat ada titik potensi bencana kita bersama masyarakat lainnya harus siaga,"  kata tokoh masyarakat Cibugel, Rusman.

Beberapa tahun lalu, tambah dia, longsor pernah terjadi di Desa Tamansari. Bahkan sejumlah rumah terancam longsor. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)