SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir berpesan menjelang pemberlakukan normal baru di Sumedang yaitu agar masyarakat tidak menjadi euphoria. Euphoria yaitu rasa nyaman dan senang berlebihan justru akan mengabaikan upaya penanggulangan dan pencegahan covid 19 sehingga bisa saja angka positif korona bertambah. Kebiasaan normal baru sendiri akan dimulai Selasa, 2 Juni 2020.

Menurut Dony, banyak negara yang menyambut adaptasi ini dengan euphoria, sehingga terjadi lonjakan

penularan dan muncul kluster baru. Untuk itu, warga Sumedang harus disiplin dan taat  aturan, seperti himbauan yang disampaikan bupati.

"Jangan sampai pemberlakuan ini ada euphoria berlebih, jangan terjadi lonjakan penularan dan memunculkan klaster baru," katanya.

Sementara, bupati menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pemaparan Gubernur dalam video conference, bahwa Kabupaten Sumedang bersama dengan 14 Kabupaten lainnya di Jawa Barat yang masuk zona biru dan dapat melakukan dan memberlakukan AKB atau adaptasi kebiasaan baru. Normal baru harus dibarengi dengan peningkatan kewaspadaan individu di ruang publik.

"Masyarakat Sumedang harus tetap disiplin memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak, terhitung mulai tanggal 2 Juni 2020, tempat ibadah sudah mulai lagi bisa digunakan sesuai dengan anjuran protokol kesehatan, dan di tempat keramaian seperti mall dan pasar tradisional akan dilakukan penjagaan oleh TNI-Polri," tambahnya.***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)