SUMEDANGKAB.GO.ID, SUMEDANG UTARA -

Jaringan internet terpusat yang akan dikeluarkan Bidang Informatika pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandiaan dan Statistika Kabupaten Sumedanga dapat menghemat anggaran internet secara keseluruhan.
Kabupaten Sumedang dapat membayar Rp
5 miliar saja hanya untuk akses internet di SKPD dan kecamatan. Terpusatnya jaringan ini dilakukan dengan cara membagi dan membagikan bandwitch sehingga menekan anggaran yang dikeluarkan

."Salah satu program yang diapresiasi DPRD Jawa Barat yaitu jaringan terpusat, semua jaringan SKPD dan mecamatan dipusatkan di Diskominfo, pembagian bandwitch tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pada SKPD sehingga anggaran yang dikeluarkan setelah pemusatan hanya berkisar Rp. 3 miliar dari Rp.5 miliar anggaran," jelas Ketua Bidang Informatika, Mamat Rohmat.
Sementara, anggaran yang tidak terpakai digunakan untuk pemasangan fasilitas wifi diarea sekolah serta tempat umum.
"Anggaran yang tersisa digunakan untuk pemasangan wifi diarea umum, seperti sekolah alun-alun dan lainnya untuk langsung dimanfaatkan masyarakat," tambahnya.
Mamat menghimbau penggunaan wifi baik di SKPD atau tempat umum benar-benar digunakan dengan baik dan efektif. "Kami berharap penggunaannya efektif, baik ditempat umum atau SKPD tentunya karena pemangkasan anggaran yang digunakan sudah sangat diapresiasi," katanya saat menyampaikan program unggulan di Diskominfosanditik. ***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)