GEDUNG NEGARA - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Kabupaten Sumedang tahun ini dirasakan berbeda dengan tahun tahun sebelum, dimana tak ada lagi kegiatan pawai ribuan santri. Puncak HSN Kamis (22/10/2020) digelar secara Virtual di Gedung Negara dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehubungan dengam pandemi Covid-19.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Wakil Bupati H. Erwan Setiawan, unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang, Pengasuh Pondok Pesantren Asy-Asyifaa Wal Mahmudiyyah KH. M. Muhyiddin Abdul Qodir Al-Manafi MA,  jajaran MUI Kabupaten Sumedang, Kantor Kementerian Agama, pengurus PCNU Kabupaten Sumedang, dan perwakilan alim ulama serta pondok pesantren di Kabupaten Sumedang.

Ketua PCNU KH. Idad Isti'dad menuturkan,  peringatan HSN merupakan manifestasi perjuangan para santri di masa perjuangan mempertahankan Kemerdekaan RI yang dituangkan dalam seruan resolusi jihad oleh Hadratus Syekh KH. Hasyim Asy'ari.  Terkait peringatan HSN yang bersamaan dengan masa pandemi covid 19, Idad mengatakan jika saat ini para santri bersama-sama berjuang melawan Covid-19.  "Hal ini sebagaimana tema HSN 2020 yakni Santri Sehat Indonesia Kuat," katanya.

Bupati H Dony Ahmad Munir  mengatakan, peringatan HSN memiliki makna sangat penting bagi seluruh pondok pesantren di Indonesia untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan serta potensi diri untuk menjadi bagian yang memberikan manfaat bagi umat. "Dengan memperingati Hari Santri, diharapkan para santri mampu meningkatkan potensi dirinya, diantaranya  dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk berkeatifitas," katanya.

Peringatan HSN kali ini diharapkan juga menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan terutama  menghadapi masa Pandemi. "Sejalan dengan tema Hari Santri Nasional tahun ini yaitu "Santri Sehat, Indonesia Kuat", peringatan ini dapat menjadi motivasi serta inspirasi bagi santri dan para ulama untuk meningkatkan kehidupan sehat serta kemandirian santri," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)