PANGADEGAN - Akibat diguyur hujan deras, tebing setinggi 10 meter mengalami longsor, hingga menutupi badan jalan penghubung Sumedang-Subang, tepatnya di Dusun Tegalendah Desa Pangadegan Kecamatan Rancakalong, Rabu (2/12/2020) malam.  "Longsoran setinggi sekitar 10 meter menutupi badan jalan sepanjang 10 yang menghubungkan Sumedang dan Subang," kata Kasie Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Yedi.

Akibat longsor tersebut ruas jalan tidak bisa dilewati kendaraan bermotor. Dikatakan, hujan deras mengguyur di wilayah tersebut sejak pukul 15.00 WIB.
"Kejadiannya sekitar pukul 20.00 WIB, cuacanya memang sedang hujan lebat," katanya.

Kata Yedi, petugas yang terdiri dari personel BPBD, Polri, TNI, Dinas PU Bina Marga Provinsi, Satpol PP Kecamatan bersama warga sekitar langsung melakukan upaya pembersihan badan jalan dari material longsor. "Material longsor berupa tanah, bebatuan, dan ranting pohon. Kami menurunkan alat berat," katanya.

Petugas Bina Marga dan Penataan Ruang Jawa Barat, Suranta meyebutkan ada empat titik longsor di ruas Jalan Sumedang-Cikaramas tersebut, yakni di Km 52, 54, 56, 57. "Ada empat titik longsor di ruas jalan Sumedang-Cikaramas ini, hanya yang di kilometer 57 tidak sampai menutupi badan jalan," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)