SUMEDANGKAB.GO.ID, SUMEDANG UTARA - 
Para petani kembali mulai menggarap lahannya seiring datangnya musim hujan, merekapun bersorak seraya berharap areal sawahnya cepat terari sehingga bisa cepat menanam padi.
Omo (54), salah seorang petani di Mekarjaya Sumedang Utara, mengatakan jika saat ini dirinya telah mulai membersihkan lahan sawahnya yang penuh rumput rumput liar.
"Sejak hujan turun beberapa waktu lalu, saya langsung turun ke sawah untuk mulai menggarapanya," terang Oma, Rabu (28/10/2020).
Dikatakan Oma, kegiatan pertama yang ia lakukan adalah membersihkan rumput disekitar pematang sawah.
"Istilahnya ngadasaran terus akan di popok agar bila ada air, bisa menggenangi areal sawah dan air tidak terbuang," jelasnya.
Ditambahkan Oma, pada musim kemarin, areal tanaman padainya tidak sampai panen karena pada umur dua bulan sudah kemaru sehngga kekeringan.
Waktu itu lanjut dia, dulik yaitu ngadu milik karena di awal pengolahan lahan,  air cukup tersedia, dan ternyata dalam perjalanannya, malah kekeringan.
"Tentunya karena saat ini memasuki musm.hujan, air tidak akan sulit lagi sehingga areal lsawahnya bisa kembali ditanami padi dan menghasilkan," jelasnya.
Hal yang sama dilakukan Engkus yang juga sudah mulai memggarap areal sawahnya yang lama dibiarkan tidak ditanami.
"Kalau saya, ketika tahu akan masuk musim kemarau kemarin, sawah tidak diolah atau istilahnya di berakan itung itung diistiraatkan, karena khawatir air tidak cukup dan hanya menghabiskan modal, namun sekarang karena sudah pasti masuk musim hujan, sayapun berani mengolahnya lagi karena air akan tersedia," jelasnya. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)