WADO - Petani di wilayah Wado bersiap kembali menanam padi di sawahnya. Setelah ada turun hujan beberapa hari ini, petani optimis pasokan air untuk pengairan pesawahan akan lancar. "Kalau hujannya sudah mulai turun meski tidak tiap hari kami dipastikan akan menanam kembali pada di sawah kami," ujar Mamad, petani di Desa Sukapura, Kecamatan Wado, Selasa (22/10/2020).

Kata Mamad, meski tidak bisa memprediksi cuaca. Tapi ketika hujan sudah mulai turun, dirinya tak akan khawatir untuk memulai menanam padi.  Apalagi saat ini waktu sudah memasuki Oktober akhir. Dimana, biasanya bulan Oktober adalah musim hujan. "Ada hujan beberapa kali kami langsung menggemburkan tanah sawah untuk selanjutnya kami menanam bibit terlebih dahulu," katanya.

Petani lainnya, Asep Yudi mengatakan, kemungkinan hujan akan mulai turun secara rutin. Sehingga dirinya langsung memutuskan untuk mengharap sawahnya kembali dengan menanam padi. "Kami liat air Sungai Cimanuk saja mulai meningkat. Kalau air Cimanuk ada pasti yang aliran ke irigasi ada. Jadi kami tidak begitu cemas kalau sekarang menanam padi," ucapnya.

Menurutnya, ia pernah melakukan konsultasi dengan penyuluh lapangan terkait persiapan penanaman padi. Setelah konsultasi itu, kami optimis bisa kembali tanam padi. Hal serupa diungkapkan paravpetani di desa lainnya, seperti Desa Cisurat, Mulyajaya dan Cikareo.(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)