Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

MEKARJAYA - Musim kemarau yang cukup panjang rupanya akan segera berakhir, hal ini ditandai dengan sudah mulai turunnya hujan di akhir bulan November 2023 dengan intensitas yang cukup tinggi.

Tak ayal, datangnya hujan ini disambut baik sejumlah petani, dimana mereka sudah mulai turun ke sawah untuk melakukan pekerjaan awal bertani.

Seperti halnya yang dilakukan Omo (56) salah seorang petani asal Mekarjaya Sumedang Utara ini sudah mulai turun ke sawah membersihkan rumput disekitar pematang sawah.

"Sudah mulai empuk tanahnya sehingga tak susah lagi membersihkan rumput yang ada disekitar pematang sawah," jelas Omo Minggu, 3 Desember 2023.

Dikatakan dia, pembersihan rumput ini merupakan pekerjaan awal sebelum dirinya memopok pematang sawah agar nantinya air bisa tetap terjaga diareal sawah.

Ditambahkan dia, selain pekerjaan tersebut, yang saat ini sudah mulai dilaksanakan juga membersihkan areal saluran air, dengan maksud ketika air datang mudah mengalir dan tidak terhambat oleh sampah atau benda lainnya.

Sementara itu Kasie Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumedang Adang mengatakan kalau musim hujan di Kabupaten Sumedang berdasarkan informasi dari BMKG akan mulai terjadi akhir bulan November.

"Alhamdulilah saat ini hujan sudah mulai turun diwilayah Sumedang dengan intensiatas yang cukup besar, sehingga ini menjadi hal baik bagi para petani yang sudah lama merindukan hujan guna mengolah areal sawahnya yang sudah lama tidak ditanami," jelasnya. (*).

(penerbit: sumedangkab.go.id)