RANCAKALONG - Puluhan ibu ibu di Desa Pasirbiru, Kecamatan Rancakalong diberikan pelatihan bercocok tanam secara hidroponik dengan memanfaatkan botol botol bekas sebagai media tanamnya. Kegiatan yang diselenggarakan TP PKK Desa Pasirbiru tersebut dalam pelaksanannya menggandeng pihak UPT Pertanian Kecamatan Rancakalong.

Ketua TP PKK Desa Pasirbiru Lilis Rohaeti mengatakan kegiatan ini menjadi program PKK Desa Pasirbiru dalam upaya memberdayakan kaum ibu di Desa Pasirbiru.  "Alhamdulilah ibu ibu cukup semangat mengikuti pelatihan ini," jelas Lilis Jumat (13/3/2020).

Ditambahkan Lilis dalam pelatihan hidropnik.ini, pihaknya sengaja memanfaatlan botol botol bekas karena bahan ini mudah didapat. "Pelatihan hanya dilaksanakan sehari dan bibit tanaman yang ditanam baru tiga jenis yaitu cabai, kangkung, seledri, " katanya.

Lilispun berharap dari hasil pelatihan ini ibu ibu bisa mempraktekan dilingkungannya masing .masing dan menularkan ilmu yang telah didapat pada ibu ibu lainnya.  "Dari kegiatan ini diharapkan juga ibu ibu punya kegiatan, ya minimal dari hasil hidroponik ini bisa memenuhi kebutuhan sendiri, atau mungkin saja bila lebih dikembangkan dengan serius akan menghasilan dan meningkatkan pendapatan keluarga," katanya.

Lebih lanjut dikatakan Lilis pasca mendapatkan pelatihan ini, pihaknya bersama UPT pertanian juga akan terus melakukan pembinaan sehingga ilmu tentang hidroponik yang didapatkan ibu ibu ini akan terus bertambah. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)