ANGKREK - Organisasi profesi guru olahraga kini hadir di Sumedang dengan dilantiknya jajaran pengurus Ikatan Guru Olahraga (IGORA) Kabupaten Sumedang masa bakti 2019-2024. Pengukuhan dilangsungkan di Aula STKIP Sebelas April Sumedang, Kamis (6/2/2020), oleh Ketua IGORA Provinsi Jawa Barat Jaka Supriatna dan dihadiri oleh Bupati H Dony Ahmad Munir.

Pelantikan didasarkan atas SK Ketua IGORA Provinsi Jawa Barat bernomor 018/IGORA/JABAR/2/2020 tentang Pengesahan/Pengukuhan Pengurus IGORA Kabupaten Sumedang masa bakti 2019-2024. Dalam SK Ketua Umum dijabat oleh Ermansyah, Ketua Harian: Sarna, Sekretaris oleh Gusmaedi, Wakil Sekretaris oleh Junaedi Sukmara, Yanuar Ihsan, dan Elis Wiwin Tresnawati, dan Bendahara oleh Taufik Hidayat. Di bawahnya terdapat sembilan Bidang yang meliputi ketua dan beberapa orang anggota.

Bupati H Dony Ahmad Munir menyampaikan salam silaturahmi kepada keluarga besar IGORA Kabupaten Sumedang. "Semoga pertemuan ini bisa lebih merekatkan tali silaturahmi antara Pemda Kabupaten dengan IGORA Kabupaten Sumedang," katanya.

Bupati juga mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus IGORA yang baru dilantik seraya berpesan agar segera menjalankan program kerjanya. "Selamat bekerja. Tentu IGORA sudah mempunyai program kerja dan kegiatan. Secepatnya direalisasikan agar memberikan manfaat bagi para guru olahraga itu sendiri, para siswa, perkembangan olahraga prestasi, dan pembudayaan olahraga di Kabupaten Sumedang," katanya.

Bupati juga memberikan apresiasi yang tinggi dan terima kasih atas perjuangan, pengorbanan dan pengabdian para guru olahraga untuk mengangkat prestasi olahraga Sumedang. "Terbukti hasil didikan Ibu Bapak setidaknya menghasilkan prestasi yang patut kita banggakan. Pada Popda se-Priangan kita menempati posisi ke-3 dari 7 kabupaten/kota. Di Porda Bogor kita menempati posisi ke-12 yang asalnya ke-16," kata bupati.

Bupati pun berharap ke depannya pencapaian target-target tersebut lebih meningkat lagi. "Pada Popda agar bisa meningkat lagi. Pada Porda 2022 di Tasik ditargetkan 10 besar. Mohon bantuannya untuk mencapai target-target ini," kata bupati.

Para pengurus juga dituntut untuk menciptakan inovasi dan mampu mencetak sejarah, serta harua mampu beradaptasi dengan perubahan. "Kita ingin dikenang dengan warisan yang membanggakan generasi penerus kita. Oleh karena itu, hasilkan prestasi yang membanggakan. Kita juga harus bisa beradaptasi terhadap disrupsi. Kalau tidak, akan hilang dari peredaran," katanya.

Pelantikan dihadiri Direktur UPI Kampus Sumedang Herman Subarjah, Ketua IGORA Kota Bandung Cecep Mulyono, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Agus Wahidin, dan perwakilan Disparbudpora Kabupaten Sumedang. Acara dilanjutkan dengan seminar nasional keolahragaan dengan tema "Pembentukan Karakter Siswa di Era Milenial dan Model-model Pembelajaran dan Penelitian Tindak Kelas (PTK)" yang diikuti oleh seluruh pengurus san anggota IGORA Kabupaten Sumedang. [irs]

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)