SUMEDANGKAB.GO.ID, JATINUNGGAL-  Pemerintah Desa Sirnasari, Kecamatan Jatinunggal mengimbau petani untuk mengecek saluran irigasi sebagai upaya merawat irigasi. Banyaknya petani yang masih menanam padi di sejumlah blok pesawahan di Sirnasari akan membutuhkan pasokan air terutama dari saluran irigasi.

" Semua petani sudah kami imbau untuk mengecek saluran irigasi di beberapa blok. Kalau memang ada kerusakan pada saluran diharapkan bisa bergotong royong memperbaiki. Karena saluran irigasi merupakan kepentingan semua petani," kata Kades Sirnasari, Ateng Ali, Minggu (9/8/2020).

Ali menyebutkan saluran irigasi kadang tidak mendapat perhatian dari petani. Biasanya banyak saluran irigasi yang rusak dan menyebabkan aliran air terhambat atau terbuang ke luar saluran irigasi. Kerusakan irigasi akan jadi hambatan pasokan air bagi perkembangan tanaman padi.

Menurutnya, kelancaran produksi tanaman padi dan hasil panen sangat bergantung pada kondisi irigasi. Jika irigasi dalam kondisi baik sulpai air untuk pengairan sawah akan baik pula. Karena kulaitas padi lebih banyak dipengaruhi pasokan air.

Ia menggambarkan saluran irigasi di Desa Sirnasari diantaranya, saluran irigasi Cialing 2 Binuang mengairi sawah di blok Citerasan, blok Cikopeng, Cijeruk dan Blok Cihayam. Kemudian saluran irigasi Cialing 3 Leuwibanen mengairi sawah blok Burung Nanggay, blok sawah eceng, blok Galumpit, Sada Kembang, blok Pojok. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)