CIBUGEL - Panitia Pilkades Desa Cibugel, Kecamatan Cibugel akhirnya menyatakan Tata menjadi kepala desa terpilih periode 2020-2026. Pada pilkades serentak III ini pelaksanaan pilkades di Desa Cibugel diikuti hanya dua kontestan. Yaitu, Tata dan Rusman sebagai petahana. Setelah dilakukan rekapitulasi akhir perhitungan suara, Tata memperoleh 998 suara atau selisih 11 suara dengan kontestan lainnya yakni Rusman yang memperoleh 987 suara.

Camat Cibugel Cicin Sondali menyebutkan dari data yang ia terima. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Desa Cibugel sebanyak 2782 orang. Namun yang mengikuti pelaksanaan pencoblosan berjumlah 2001 orang. "Untuk suara sah sebanyak 1985 suara sedangkan suara tak sah 16 suara," kata Cicin, Kamis (17/12/2020).

Pelakaanaan pilkades di Desa Cibugel dilaksanakan di 7 tempat pemungutan suara (TPS). Dengan perolehan suara tersebut akhirnya Tata terpilih menjadi Kades Cibugel. Hasil pilkades di Desa Buanamekar yang diikuti dua kontestan, Deki Hermanto memperoleh suara terbanyak dengan 1145 suara. Sedangkan Nono Rusyana mendapat 909 suara. Dengan demikian Deki Hermanto terpilih menjadi Kades Buanamekar.

Dari data yang dirilis panitia, kata Cicin, jumlah DPT di Desa Buanamekar sejumlah 2840 orang. Namun yang melaksanakan pemilihan sebanyak 2078 orang. Untuk jumlah suara sah sebanyak 2054 dan jumlah suara tak sah. "Alhamdulillah pelaksanaan pilkades di kecamatan Cibugel dilaksanakan hanya di dua desa dan semuanya berjalan lancar. Semua kontestan menerima keputusan hasil dari pilkades ini. Semoga juga yang terpilih bisa amanah dan yang belum menang bisa menerima secara ikhlas," tuturnya. (nsa)

 

Calon Kades Terpilih Kecamatan Cibugel

Desa Cibugel Tata (998)

Desa Buanamekar Deki Hermanto  (1.145)

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)