Ini Rencana Bupati untuk Dukung Wisata Klaster Jatigede


Baca juga : KEK Jatigede Harus Tuntas Dalam 2 Tahun
Bus Wisata Tour Jatigede Siap Meluncur


SUMEDANGKAB.GO.ID, JATIGEDE – Terlaksananya program dan paket wisata One Day Tour Jatigede harus didukung oleh beberapa konten wisata. Untuk itu, Pemkab Sumedang akan terus melakukan pembenahan dan penataan objek wisata di kawasan Bendungan Jatigede, salah satunya penataan wisata ziarah makam keramat di Desa Marongge di  Kecamatan Tomo dan pembangunan menara di tengah bendungan.

"Di Marongge kini sudah ada tempat parkirnya yang layak, nanti kami beri sentuhan lagi pada penataan makamnya" kata bupati saat simulasi paket wisata One Day Tour Jatigede, kemarin, Sabtu (17/10/2020).

Kemudian, penataan juga akan dilakukan di objek wisata Tegaljarong. Objek wisata alam tersebut perlu ditata lagi tempat parkir dan akses masuknya.

Lalu penataan juga akan dilakukan di objek wisata Panenjoan. Kata bupati, di Panenjoan akan dibangun Masjid Al-Kamil Bendungan Jatigede, dan Menara Kujang Kembar. Untuk membangun menara, kini sudah  ada anggarannya dari Pemprov untuk pembangunan masjid dan menara Kujang Kembar, yang nantinya akan menjadi ikon wisata Jatigede.

“Seperti Menara Eifel, jadi pengunjung bisa naik ke atasnya," sebutnya.

Penataan juga akan dilakukan di objek wisata lainnya, seperti Panineungan, dan Siti Batu Ciagung.

Bupati mengatakan, untuk penataan tersebut pihaknya sudah menginventarisir kebutuhan setiap tempat wisata. Pemkab akan mengevaluasi terkait titik mana saja yang harus diprioritaskan dan akan segera ada koordinasi dan intruksi dari Bappppeda, bersama Disbudparpora, PU, Disindakop dan Dishub.

Dony mengatakan Pemkab Sumedang akan terus melakukan pengembangan potensi-potensi wisata yang di Sumedang. Namun Ia juga bersyukur karena banyak masyarakat yang ikut mengembangkan sektor wisata di Sumedang.***(agn)


jatigede, bus tampomas, tour jatigede

Berita Terkait