Penulis : Agun Gunawan| Editor: Vera Suciati 

CONGGEANG - SMA Negeri Conggeang sukses melakukan budidaya penanam pohon buah lemon. Sejak mulai digarap pada Maret 2022 di lingkungan sekolah, kebun lemon tersebut telah beberapa kali dilakukan panen. 

"Ini sudah dua tahun dan sekarang memasuki tahun ketiga, dari Maret 2022 kami tanam pertama, alhamdulillah sudah lebat buah lemonnya," kata Kepala SMA Negeri Conggeang, Anggi Indra Gumilar, Selasa, 5 Maret 2024.

Menurut Anggi, hingga saat ini sudah terdapat 120 pohon buah lemon yang ditanam di kebun lingkungan SMAN Conggeang. Para siswa juga diajarkan ikut menanam dan merawat pohon lemon.

"Kemarin pas pembukaan turnamen bola voli, Kepala Kepala Cabang Dinas Wilayah VIII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat ikut memetik buah lemon langsung dari pohonnya. Dan ini menjadi salah satu kebanggaan yang dimiliki SMAN Conggeang," tuturnya. 

Adapun lahan yang ditanami lemon seluas setengah hektar. Hasil panen buah lemon tidak dijual ke pasaran melainkan diolah sendiri di sekolah untuk melatih para siswanya menciptakan produk.

"Kami sediakan minuman Lemon Squash, jadi minuman khas lemon yang dimiliki SMAN Conggeang. Selain itu kita punya manisan kulit kemon dan wedang lemon. Itu 3 produk unggulan yang saat ini dimiliki SMAN Conggeang," katanya.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)