SUMEDANGKAB.GO.ID, DARMARAJA- Ada lampu hias bagus dari Dusun Cariu. Kerajinan ini dibuat oleh warga Dusun Cariu, Desa Karangpakuan, Kecamatan Darnaraja. Lampu hias ini berbahan baku bambu dan kain transparan.

Meski sederhana, lampu hias yang diproduksi memiliki seni yang tinggi dan mampu menarik minat pembeli.
"Kami mengawali produksi sudah dari dua bulan yang lalu. Awalnya terinspirasi melihat lampu hias dari internet," kata seorang perajin warga Cariu, Duyeh (58), Kamis (19/3/2020).
Menurut Duyeh, setelah mencoba produksi beberapa unit lampu hias dan coba dipromosikan melalui mulut ke mulut ternyata banyak yang berminat. 
"Awal membuat saja lumayan ada yang pesan. Makanya kami seriusi membuat lagi lampu dengan berbagai macam desain," katanya.
Lampu hias berbahan bambu itu ada yang buat dipasang di meja, di dinding tembok bahkan ada yang untuk digantung diruangan. Ada juga pembeli yang membawa desainnya sendiri. 
Meski belum produksi dalam kapasitas yang banyak, sambung Duyeh, tapi ia berharap produksi lampu hias bisa menjadi lahan usaha bagi keluarga dan warga sekitar. 
"Produksinya masih dalam rumahan. Kedepan siapa tahu bisa bangun seperti galeri atau tempat produksi yang besar. Saat ini kami juga hanya bisa membuat 2 sampai 4 unit per hari," ucapnya.
Ia juga menyebutkan, ketersedian bahan baku untuk lampu hias yang diproduksinya sangat mudah didapat.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)