SUMEDANGKAB.GO.ID, SITURAJA-

Pemerintah Kecamatan Situraja melakukan sejumlah langkah dalam upaya pemulihan ekonomi warga di masa pandemi ini. Langkah-langkah rencana tersebut telah dikoordinasikan dengan pemerintah desa serta pihak lainnya yang siap membantu upay pemulihan ekonomi warga.
Camat Situraja, Sutisna, menyebutkan sejumlah langkah yang dilakukan antara lain memperkuat UMKM yang berada di setiap desa. Termasuk mengawal bantuan pemerintah untuk pelaku UMKM dan mendukung agar sejumlah anggaran desa bisa memberdayakan UMKM warga.
"Disini antara pelaku UMKM harus bekerjasama contohnya dalam pemasaran," kata Sutisna, Rabu (11/11/2020).
Selain itu, kecamatan juga bersama UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan kecamatan, mendorong agar Kelompok Wanita Tani (KWT) bisa produktif. Selain bidang pertanian, KWT juga diberdayakan agar menciptakan produksi non pertanian seperti kerajinan atau produk lainnya yang mampu dikerjakan oleh KWT.
Langkah yang paling intensif dilakukan, katanya, adalah memperkuat keberadaan BUMDes disetiap desa. Keberadaan BUMDes harus jadi sentra ekonomi desa. Karena BUMDes sudah mendapat pernyataan modal dari desa, seperti BUMDesa Sugih Mukti Desa Situraja Utara yang sudah mandiri dengan mengelola sejumlah usaha. Tahun ini, Bundes Sugih Mukti menjadi nominator BUMDes terbaik dalam program Desa Berlian tingkat nasional," tuturnya
Desa juga berinovasi seperti menggali potensi yang ada di desa contohnya potensi wisata alam. Dengan demikian upaya-upaya tadi bisa mendongkrak ekonomi warga di tingkat desa.
Selain mengupayakan pemulihan ekonomi, pemerintah Kecamatan Situtaja juga tetap berupaya memutuskan rantai covid-19 dengan cara memperkuat satgas covid19 sampai tingkat RT, sering menyosialisasikan  bahwa covid-19 masih ada dan menyampaian Perbup No.74tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). (nsa)***

(penerbit: sumedangkab.go.id)