SUMEDANGKAB.GO.ID, SITURAJA - Pandemi Covid19 kembali memberi pelajaran untuk Bumdes di Desa Situraja, Kecamatan Situraja. Pengurus Bumdes membuat skema baru membuat sebuah rantai yang saling terhubung antara penjual dan pembeli di tengah pandemi covid- 19.

BUMDesa Desa Situraja Utara Kecamatan Situraja melakukan terobosan baru untuk menanggulangi permasalahan antar penjual dan pembeli, yaitu dengan meluncurkan aplikasi Bumdes Deliveri (Bude).
Bude ini bisa jadi lahan pemberdayaan pengangguran dengan menjadi kurir di aplikasi Bude dan mendorong UMKM bertransformasi menjadi Go Online.
"Dibandingkan dengan berjualan manual, berjualan online dapat memasarkan produk ke mana saja dan ke siapa saja tanpa harus bersentuhan langsung terutama dimasa pandemi covid-19," ujar Ketua BUMDesa Sugih Mukti, Desa Situraja, Dadan Ramadan, Selasa (23/6/2020).
Menurut Dadan, beralih ke online menjadi solusi terbaik bagi para pelaku UMKM untuk dapat bertahan dari pandemi Covid-19. Perubahan gaya hidup masyarakat akibat pandemi covid-19, mendorong masyarakat lebih memilih berbelanja secara online.
"Konten kanal penjualan online dapat diatur sesuai kebutuhan bisnis dan UMKM bisa dengan mudah mengatur dan merubah konten kanal penjualan online di aplikasi Bude,” kata Dadan.
Dengan aplikasi Bumdes Deliveri juga mempermudah pembeli mengkses produk yang di jual. Penjualan secara daring melalui aplikasi Bude  juga didukung oleh sistem sehingga dalam pengecekan stokproduk, rekap stok, serta laporan penjualan sangat mudah  dibandingkan dengan berjualan manual.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)