GEDUNG NEGARA - Bupati H Dony Ahmad Munir berharap Ikatan Pencasilat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Sumedang bisa mengembangkan dan menghasilkan bibit-bibit pesilat unggul yang bisa mengharumkan nama baik Kabupaten Sumedang.  Hal tersebut dikatakan Bupati saat menghadiri acara pelantikan pengurus IPSI Kabupaten Sumedang periode 2020 - 2024 di Gedung Negara Sabtu (24/10/2020).

Pelantikan pengurus IPSI Sumedang yang berjumlah 34 orang tersebut dilakukan sekretaris IPSI Jabar H Yoyo Yahya. Pemkab Sumedang akan memfasilitasi pihak IPSI Sumedang dalam mengembangkan olah raga pencasilat terutama untuk sarana prasarana. "Terkait sarana prasarana silahkan manfaatkan Geo Theater yang di Dusun Cisoka Kecamatan Rancakalong untuk lokasi latihan," jelas Bupati.

Pengurus IPSI baru harus mempersiapkan sebuah konsep dalam membudayakan olahraga pencak silat di Kabupaten Sumedang dan dalam pelaksanannya bisa berkoordinasi dengan Disdik dan Disparbudpora untuk menambahkan pencak silat menjadi ekstrakulikuler yang wajib diikuti di tiap sekolah.

Sekretaris IPSI Jabar H Yoyo Yahya dalam sambutannya mengatakan pelantikan pengurus IPSI Sumedang berdasarkan Surat Keputusan IPSI Jawa Barat Nomor: Skep 07 Tahun 2020. IPSI Jabar berharap IPSI Sumedang yang baru dilantik  mampu meningkatkan peran serta dan kontribusinya dalam meningkatkan prestasi pencak silat di Kabupaten Sumedang.

Ketua IPSI Kabupaten Sumedang, Usman Priatna mengatakan kalau dirinya beserta jajaran pengurus IPSI Sumedang sudah berkomitmen akan konsentrasi terhadap prestasi pencak silat ataupun seni tradisinya, terutama dalam menghadapi Porda pada Tahun 2022.  Jumlah paguron pencak silat di Kabupaten Sumedang saat ini berjumlah 51 Paguron. "Dengan jumlah paguron tersebut,  pengurus baru tentunya harus mampu menambah prestasi pencak silat Kabupaten Sumedang, terutama dalam menghadapi Porda 2022," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)