SUMEDANGKAB.GO.ID, DARMARAJA - Pemerintah Desa Cipeuteuy, Kecamatan Darmaraja merealisasikan pembangunan jalan penghubung antar kampung pada tahun ini. Pengerjaan pembangunan jalan tersebut nantinya akan menghubungkan Kampung Kebonjambe dengan Kampung Ciputri yang dapat meningkatkan produktivitas warga. Sebelumnya dua kampung ini tidak memiliki akses jalan sehingga wilayah Kebonjambe terisolir.

Setelah melalui beberapa tahap pembuatan jalan baru itu saat ini sudah sampai kepada tahap pembukaan badan jalan dan pemasangan gorong-gorong.

Sekretaris Desa Cipeuteuy, Ahdi, mengatakan akses jalan tersebut sudah sangat lama di idamkan masyarakat Desa Cipeuteuy, terutama kampung Ciputri Dusun Kebon Jambe yang wilayahnya terisolir.

"Jalan ini punya peran yang sangat besar buat warga, baik dari segi mobilitas maupun peningkatan ekonomi,"ucap dia, Rabu (12/8/2020).

Ia menambahkan pembangunan akses jalan penghubung itu menjadi prioritas pemerintah desa. Pengerjaan akses jalan tersebut panjangnya sekitar 4,3 km.

Berbagai anggaran bantuan dialokasikan termasuk anggaran provinsi melalui program sapras (sarana prasarana) dialokasikan untuk pembuatan gorong-gorong sebanyak 10 titik yang tersebar disepanjang akses jalan baru tersebut.

Selain akan jadi penghubung antar kampung jalan tersebut juga nantinya merupakan akses jalan yang bisa menembus Kecamatan Cibugel. Dengan begitu, keberadaan jalan tersebut akan menjadi akses jalan vital antar kecamatan.

"Terbangunya akses jalan akan memudahkan transportasi dalam mengangkut hasil bumi yang ada di Cipeuteuy seperti kayu keras, bambu dan hasil bumi lainnya," ujarnya.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)