CISITU - Pemerintah Desa Sundamekar, Kecamatan Cisitu memperbaiki akses jalan di Dusun Bunikasih. Sebelumnya kondisi jalan di Bunikasih dalam kondisi kurang layak karena banyak kerusakan pada badan jalan. Sehingga menyisakan lapisan tanah. "Keberadaan akses jalan di dusun tersebut yang tidak lagi bagus, saat ini mendapat perbaikan pihak desa dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahap ll," ujar Pjs Kepala Desa Sundamekar, Eman, Senin (17/8/2020).

Akses jalan di Dusun Bunikasih, merupakan akses jalan penting karena menghubungkan beberapa dusun di Desa Sundamekar. Dengan diperbaikinya jalan itu, hampir 90 persen kondisi insfratruktur jalan di Sundamekar sudah dalam kondisi baik. "Terutama akses jalan pertanian dan pendidikan menjadi prioritas perbaikan. Mengingat Sundamekar merupakan wilayah pertanian dengan berbagai hasil bumi," katanya.

Eman menambahkan, mulusnya akses jalan tersebut akan mengurangi kekumuhan lingkungan dan menambah kenyamanan masyarakat dalam beraktivitas. "Kami mengimbau setelah infrastruktur jalan diperbaiki agar masyarakat bisa merawatnya. Sehingga kondisinya bertahan lama," katanya.

Dia menyebutkan, untuk memelihara kualitas kondidi jalan, maka masyarakat harus menjaga juga drainase yang ada disepanjang jalan tersebut. Dengan begitu, tidak ada air dari drainase yang meluap ke jalan dan menimbulkan kerusakan pada badan jalan tersebut. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)