SAMALENGOH - Bupati Dony Ahmad Munir meninjau lokasi jalan menuju tempat wisata Samalengoh, Desa Gunturmekar, Kecamatan Tanjungkerta, Rabu (26/8/2020). Jalan di ke tempat wisata di puncak Gunung Datar itu akan diperbaiki sepanjang 750 meter. “Pemkab Sumedang terus memperbaiki akses jalan ke tempat wisata. Tahun ini Sumedang mendapat Dana Insentif Daerah (DID), alokasi DID ini dipakai untuk meningkatkan akses jalan ke tempat wisata Samalengoh,” kata Bupati Dony.

Menurutnya, dari DID akan dianggarkan Rp 900 juta untuk memperbaiki jalan yang masih tanah dan batu keras. “Jalan yang menanjak di blok Keboncau, Desa Mekarjaya menuju ke Benteng Baterai dan Samalengoh juga akan diaspal hotmiks karena sudah rusak dan bolong-bolong,” katanya.

Perbaikan jalan titik nolnya dimulai di pertigaan jalan Pamarisen-Cibungur dengan ke Benteng Baterai. “Titik nolnya dari jalan yang sudah beraspal ke arah Cibungur yang masih jalan tanah dan batu keras,” katanya.

Selain meningkatkan jalan, Pemkab Sumedang juga membantu penataan kawasan wisata di Samalengoh dengan membuat tempat parkir. “Selain meningkatkan infrastruktur jalan menjadi hotmiks, Pemkab Sumedang juga menata kawasan wisata ini,” katanya.

Jalan ini dibangun fungsional. Ada empat tempat wisata di Gunung Datar yang terlewati jalan yaitu Samalengoh Camp, Hutan Pinus, Benteng Gedong Peteng dan Baterai peninggalan Belanda saat perang dunia II. Semuanya sama menawarkan pesona alam Sumedang yang sangat indah. Pesona alam yang luar biasa. Bisa melihat Gunung Tampomas menjulang tinggi yang diintip Gunung Ciremai dari kejauhan. Memandang hamparan wilayah Sumedang sejauh mata memandang. Lokasinya tak jauh dari pusat kota Sumedang, sekitar 5 km,” katanya.

Di puncak Samalengoh yang ada di Gunung Datar, Desa Gunturmekar, Kecamatan Tanjungkerta ini bisa berkemping melihat gemerlap lampu di Sumedang saat malam. Menjelang pagi bisa melihat matahari terbit yang diapit Gunung Tampomas dan Ciremai. Saat pagi kawasan Sumedang yang berbukit-bukit terbungkus kabut, seperti negeri di atas awan. Jalan tol yang membelah Sumedang terlihat jelas. Pemuda disana sudah menata Samalengoh menjadi tempat wisata. Seirama dengan keinginan Pemkab Sumedang yang ingin tumbuh tempat wisata baru,” katanya.

Tahun 2019, Jalan Cibungur-Pamarisen sudah diperbaiki hampir 2,5 km. Panjang jalan ini mencapai 5 km dan Pemkab Sumedang akan melanjutkan perbaikan jalannya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)