Penulis : Agun Gunawan| Editor: Vera Suciati

UJUNGJAYA - Pasca diperbaikinya ruas jalan kabupaten di Kecamatan Ujungjaya, dari Desa Ujungjaya sampai Keboncau pada 2020 lalu, aktivitas warga menjadi mudah. Selain sebagai jalur alternatif, jalan tersebut juga jadi akses penting warga.

"Pembangunan infrastruktur paling monumental di Ujungjaya adalah perbaikan ruas jalan kabupaten dari pertigaan Gordah wilayah Desa Ujungjaya, Palasari, Sukamulya, Kudangwangi, hingga Keboncau, itu pada tahun 2020," kata Camat Ujungjaya, Didin Hermawan, Rabu, 1 Januari 2023.

Sebelumnya kata Didin, ruas jalan tersebut kondisinya rusak berat. Oleh karena itu, pihaknya dan warga merasa bersyukur jalan tersebut diperbaiki.

"Kami sangat bangga dan bersyukur, karena mungkin hanya di Ujungjaya perbaikan jalan selesai dalam satu tahun anggaran," katanya.

Lebih jauhnya dikatakan, potensi di empat wilayah desa tersebut yakni pertanian atau tanaman padi, dengan didukung adanya bendung Sariang. Oleh karenanya, kondisi jalan yang bagus sangat menunjang untuk mengangkut hasil tani warga.

"Dulu jalannya sangat rusak, jadi menghambat warga. Sekarang 3 kilometer sudah diperbaiki dengan rabat beton dan hotmix," tuturnya.

Kepala Desa Kudangwangi, Maman Supriatman menuturkan, sejak mulusnya jalan di wilayahnya, blok Kulinyar kerap dijadikan pusat aktivitas akhir pekan oleh warga.

"Kalau hari minggu suka banyak warga jalan-jalan, selfie, karena di sini pemandangannya kan sangat bagus, hamparan sawah," katanya.

Selain jalur alternatif, jalan tersebut juga merupakan akses warga penting warga untuk keperluan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

"Ini juga akses alternatif dari Ujungjaya ke Kadipaten (Majalengka), yang mau ke Kertajati bisa. Jadi sangat manfaatnya bukan hanya dirasakan warga Ujungjaya saja tapi masyarakat secara umum," katanya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)