SUMEDANGKAB.GO.ID, JATIGEDE- Pemkab Sumedang merealisasikan pembangunan dan perbaikan ruas jalan Cicau di Desa Pajagan yang menyambungkan dengan Desa Karedok. Dengan begitu, kendaraan roda empat yang akan masuk ke wilayah Karedok, tak akan lagi memarkirkan kendaraannya di Parakankondang.  Sebelumnya, warga pemilik kendaraan emmang terpaksa memarkir kendaraan di Parakankondang akibat sulitnya akses jalan menuju Karedok.

"Kami sangat senang ada perbaikan  jalan menuju desa kami. Tentunya kami juga sangat senang karena nanti mobil kami bisa bawa kami pulang. Selama ini kami memarkir mobil numpang di halaman rumah warga Parakankondang," ujar Ujang Sodikin warga Karedok, Rabu (25/11/2020)

Kades Karedok Intab Sukarya berterimakasih kepada Pemkab Sumedang yang telah merealisasikan pembangunan jalan penghubung antar desa tersebut. Pihaknya yakin akses lalu lintas lancar akan membawa kesejahteraan bagi warga

Seperti diketahui ruas jalan Cicau-Karedok yang menghubungkan Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu dengan Desa Karedok, Kecamatan Jatigede tersambung tahun ini. Jalan sepanjang 4,3 km ini masuk kawasan hutan Gunung Pareureug dihotmiks dan untuk pertama kalinya Desa Karedok bisa diakses kendaraan roda empat. Karedok menjadi satu-satunya desa di Sumedang yang tak ada akses jalan yang bisa dilalui mobil. Sejak Tahun 2019 jalan dibuka, diperbaiki dihotmiks dan dilanjutkan tahun 2020 ini sampai ke batas perkampungan Desa Karedok.

Membuka jalan penghubung dua kecamatan. menembus hutan ini merupakan sejarah. Warga dari kedua desa di perbatasan ini lebih mudah lagi berinteraksi. Bagi warga Karedok yang ingin ke pusat kota Sumedang juga lebih pendek jaraknya. Pembangunan infrastruktur jalan ini untuk memudahkan transportasi orang dan barang yang berujung untuk kesejahteraan masyarakat.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)