SUMEDANGKAB.GO.ID, SUMEDANGUTARA - Jalan dari Sirnamulya, Kecamatan Sumedang Utara menuju ke Pasirburu, Rancakalong amblas, kemarin Minggu (18/12020). Akibatnya, jalan ini terputus dan terhalang yang menyebabkan kendaraan tak bisa lewat. 
"Permukaan jalan yang amblas bervariatif hingga hingga kedalaman 50 Cm, dengan panjang retakan yang membelah dari mulai pemukiman rumah yang berada tepat di atas jalan hingga membelah jalur lintasan tol yang tepat berada di bawah jalan," kata Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumedang,  Yedi.
Untuk sementara waktu jalan dialihkan menuju jalan alternatif lewat jalan desa ke arah Rancakalong.
Sementara, dampak lainnya, kata Yedi, sebanyak 7 rumah terkena imbas dari pergerakan tanah tersebut. Sebanyak 26 jiwa dari 7 KK tersebut kini mengungsi ke rumah kerabat masing-masing. 
Menurut Yedi, dengan adanya kejadian tersebut, PT. Wika selaku pengembang tol bertanggung jawab atas perisistiwa tersebut. Perusahaan memberikan santunan kepada masyarakat yang terkena imbas dengan memberikan uang senilai Rp 1 juta per bulan sebagai uang ganti untuk menyewa rumah sementara waktu. Disamping menunggu pencairan uang ganti rugi atas rumah dan tanah tersebut.*** (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)