Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

TANJUNGMERAD - Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Tahun 2023 telah berhasil membuka akses penghubung antara Desa Kamal Kecamatan Tanjungmedar dengan Desa Wanajaya Kecamatan Surian berupa jalan rabat beton sepanjang 1 kilometer lebih. Warga di kedua desa tersebut berbahagia dengan hadirnya jalan baru yang sebelumnya merupakan jalan setapak, kini dirabat beton dan bisa dilintasi kendaraan roda 2 dan 4. "Alhamdulillah saya bersama Forkopimda bisa meresmikan langsung jalan yang menghubungkan dua desa dan dua kecamatan antara Desa Kamal Tanjungmedar dan Desa Wanajaya Surian," kata Bupati Dony Ahmad Munir saat penutupan BSMSS  di Desa Kamal Kecamatan Tanjungmedar, Selasa (13/9/2023).

Dikatakan bupati, BSMSS Tahun 2023 sangat bermakna dan berdampak bagi masyarakat di lokasi kegiatan. "Masyarakat sangat membutuhkan sekali keberadaan jalan ini untuk mempercepat, mempermudah arus orang dan barang yang akan mempelancar perekonomian. Jadi jalan mantap ekonomi lancar," katanya.

Bupati menerangkan, jalan tersebut dibangun berkat kerja sama antara Kodim 0610 Sumedang, Pemerintah Daerah  Forkopimda dan warga masyarakat setempat. "Dengan pola keswadayaan, kemitraan, dan kegotongroyongan, (jalan) ini bisa dibangun bersama-sama dan sistem sosial akan terbangun. Masyarakat akan mempunyai tanggung jawab sosial untuk merawatnya," katanya.

Dandim 0610/Sumedang Letkol Kav. Christina Gordon Rambu menerangkan, pembangunan jalan tersebut merupakan sasaran inti dari kegiatan BSMSS. "Semua sasaran program sudah tercapai 100 persen. Bahkan, untuk pembangunan jalan dari target awal pembangunan 578 meter, bisa terealisasi sampai 1.010 meter," ujarnya.

Sasaran lainnya, renovasi Masjid Al Hikmah Desa Kamal, perbaikan 3 Rutilahu, Loneng dan MCK masjid. "Kegiatan dimulai pada 22 Agustus 2023. Ini berkat bantuan dan kekompakan warga sekitar, SKPD terkait, dan semua pihak lainnya," katanya.

Dandim mengatakan, kegiatan tersebut akan kembali dilanjutkan tahun depan dengan lokasi sasaran akan melihat program dari tata ruang wilayah di Kabupaten Sumedang. "Nantinya mana kecamatan-kecamatan yang belum terjamah. Kami dari TNI siap membangun dan memotivasi masyarakat untuk turut serta dalam menciptakan dan membangun daerah kita sendiri," ujarnya.

Ia pun berterima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan BSMSS Tahun 2023. "Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi seluruh pihak yang terlibat, khususnya intansi terkait dan masyarakat Desa Kamal. Kita doakan ke depan program-program ini terus berjalan," ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)