Penulis : Arindi | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Ruas jalan Tolengas Tomo menuju Kecamatan Jatigede diperbaiki tahun 2024 ini. Jalan menuju Bendungan Jatigede ini merupakan jalan yang dikelola Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung Kementerian PUPR. Jalan yang mengubungkan beberapa desa ini juga menjadi jalan akses ke tempat wisata Menara Kujang Sapasang Masjid Al Kamil dan beberapa spot wisata di kawasan Bendungan Jatigede.

"Jalan Tolengas-Jatigede diperbaiki tahun 2024 ini. BBWS Cimanuk Cisanggarung yang menangani jalan ini mengalokasikan Rp 40 miliar untuk perbaikan jalan Tolengas-Jatigede," kata Pj Bupati Herman Suryatman, Minggu (31/3/2024).

Ia mengatakan, Jalan Tolengas-Jatigede rusak karena sebelumnya dipakai jalur distribusi logistik pengangkutan material batu dari Gunung Julang Jatigede menuju ke proyek strategis nasional Bendungan Cipanas di Ujungjaya. "Jalan tersebut juga terus diperbaiki sejak 2022 dilanjutkan tahun 2023 dan tahun ini dialokasinan Rp 40 miliar. Kami berharap tahun ini ruas jalan Tolengas-Jatigede mulus," kata Herman.

Mulusnya jalan ini meningkatkan akses orang dan barang serta bisa menumbuhkan ekonomi. "Selain jalan penghubung warga dan produksi karena banyak sentra pertanian dan perkebunan. Jalan ini juga akses wisata ke kawasan Bendungan Jatigede," kata Herman. [*]

 

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)