HhhSUMEDANGKAB.GO.ID.,KOTA - Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang mengkaji penambahan trayek baru angkutan kota (kota) jurusan Sumedang kota menuju kawasan Waduk Jatigede, setelah beberapa ruas jalan terdampak pembangunan Waduk Jatigede. Nah, hingga saat ini, belum ada lagi trayek menuju wilayah Jatigede.
Kepala Bidang Angkutan, Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang, Risyana mengatakan, untuk membuka trayek angkot jurusan Waduk Jatigede sangat memungkinkan, karena pembangunan jalan Lingkar Timur saat ini sudah rampung.
"Setelah adanya pembangunan Jatigede banyak trayek yang terdampak (hilang), makanya sekarang lagi dikaji (trayek baru menuju Jatigede)," katanya, Senin (13/7/2020).
Menurutnya, Jalan Lingkar Utara bisa saja untuk digunakan trayek baru, mengingat banyak masyarakat yang membutuhkan transportasi umum menuju di wilayah tersebut.
"Kami sekarang masih survei karena belum ada penyerahan aset ke kami. Nantinya apakah bakal ada trayek baru lagi atau hanya rutenya saja," kata Risyana.
Selanjutnya, Dishub harus berkoordinasi dengan bagian jaringan jalan. Sebab, dalam hal ini bidang angkutan hanya memiliki kewenangan dalam kajian teknis kendaraan.
Setelah ada kajian jaringan jalan, pihaknya baru bisa melakukan kajian teknis kendaraan, mulai dari warna dan tarif. Kemudian, jika semuanya sudah selesai baru akan keluar Peraturan Bupati (Perbup).
"Untuk saat ini memang masih ada lagi (selain Jatigede) wilayah yang belum tersentuh angkot, tapi itu beberapa ruas jalan yang baru selesai dibangun, seperti Jalan Lingkar Utara," ucapnya.*** (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)