SUMEDANGKAB.GO.ID, DISNAKAN - Konsumsi ikan di Sumedang masih  rendah. Berdasarkan data Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Sumedang, konsumsi ikan masyarakat Sumedang hanya 17 kilogram per kapita per tahun. Jumlah ini jauh dari angka konsumsi ikan Provinsi Jawa Barat sekitar 28 kilogram per kapita per tahun, dan angka konsumsi ikan nasional sebanyak 54 kilogram per kapita per tahun.
Kepala Bidang Perikanan pada Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang, Subarti menyebutkan, rendahnya konsumsi ikan bagi masyarakat Sumedang dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya, faktor budaya makan ikan di masyarakat yang tidak begitu populer. 
"Masyarakat jangan termakan mitos yang menyebutkan bahwa jika mengkonsumsi ikan akan cacingan, nah mitos ini juga menjadi faktor rendahnya konsumsi ikan, " kata Sunarti, Senin (8/3/2021).
Faktor lainnya, ketersedian ikan di wilayah Sumedang dinilai tidak begitu melimpah. Padahal untuk mendongkrak ketersedian ikan di Sumedang begitu potensial. 
Selain itu, bisa juga akibat daya beli. Tapi hal ini bisa disiasati dengan berbagai cara. ***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)