SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA
Sekda Herman Suryatman mewakili Bupati H Dony Ahmad Munir melakuan presentase yang merupakan tahapan terakhir dalam ajang Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021.
Sebelumnya Kabupaten Sumedang masuk dalam jajaran 10 nominasi Kabupaten/Kota se Indonesia guna mendapatkan Anugrah Kebudayaan PWI Pusat 2021.
Sementara itu dalam presentase tersebut Sekda Herman Suryatman mengetengahkan tema "Transformasi Budaya Menuju Tatanan Hidup Baru" (Berbasis Logika dan Kearifan Lokal). 
Dijelaskan Sekda dengan terbitnya Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2020 tentang Sumedang Puseur Budaya Sunda (SPBS) bisa melahirkan berbagai kebijakan di Kabupaten Sumedang yang diharapkan mampu mengkombinasikan antara logika dan spiritual, antara dunia dan ukhrowi, antara pendekatan intelektual dengan pendekatan hati.
Menurutnya, jangan sampai terjebak dalam administrasi atau normatif saja, tetapi harus bisa menghadirkan spiritualitas berlandaskan ajaran agama dan nilai-nilai budaya.
"Agama saya kira itu sudah mutlak spiritualitas, budaya Sunda yang ada di Sumedang tinggal diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari bagaimana kita membangun character building," kata sekda, Sabtu (16/1/2021).
Sekda menambahkan, khusus berkaitan dengan kesenian di Kabupaten Sumedang, sebagai bagian dari budaya, seni akan terus dikembangkan. Seni bukan hanya untuk tontonan tapi juga seni untuk tuntunan.
"Seni di Sumedang bukan hanya untuk tontonan tetapi juga untuk tuntunan," tandasnya. ***edk

(penerbit: sumedangkab.go.id)