Jelang Iduladha, Harga Ternak untuk Kurban Naik


Baca juga : Domba Siap Sembelih digembala di Sawah Bera
Jelang Iduladha, Harga Ternak untuk Kurban Naik


RANCAKALONG – Harga hewan kurman mulai naik jelang pelaksanaan perayaan Iduladha 1441 H. Menurut salah seorang bandar domba asal Desa Nagarawangi Kecamatan Rancakalong Suhamad (56) naiknya pasaran harga domba ataupun kambing jantan sudah terasa sejak beberapa hari ini. "Saya suka keliling cari domba maupun kambing ke peternak dan kini mereka sudah mulai menawarkan dengan harga tinggi," jelas Suhamad Minggu (5/7/2020).

Diakuinya untuk domba yang biasanya dibeli kisaran  Rp 2 juta sampai Rp. 2,5 juta kini ditawarkan peternak dengan harga Rp 3 juta bahkan lebih.  Kondisi ini lanjut Suhamad memang cukup dipahami karena peternak umumnya tahu kalau jelang Iduladha akan banyak orang yang mencari hewan ternak untuk dijadikan kurban. Sebagai bandar,  ia juga tidak terlalu berspekulasi dengan memborong domba maupun kambing jantan  karena memang harganya cukup tinggi. "Kalau saya mencari ke peternak paling juga sesuai pesanan, tidak mau menyetok terlalu banyak karena bila sekarang belinya mahal terus tidak habis dan dijual lagi lewat Idul Adha, harganya akan kembali jatuh," katanya.

Rasdi (58) salah seorang peternak asal Rancakalong mengaku kalau jelang Iduladha, ia selalu menjual domba jantannya untuk bahan kurban. Sejak setahun lalu ia sengaja membeli tiga ekor domba jantan yang masih kecil, kemudian dipelihara dan jelang Idul Adha ini akan dijual. "Kalau jelang lebaran haji harga domba jantan lumayan bagus, makanya akan saya keluarkan dan nanti hasilnya sebagian saya belikan lagi domba bakalan yang akan dipelihara untuk dijual tahun depannya," katanya. [end]


Kurban, Ternak. Harga

Berita Terkait