SUMEDANGKAB.GO.ID, DISDIK - Pihak SMPN 5 Sumedang terus melengkapi sarana prasarana protokol kesehatan jelang pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang rencananya akan diujicobakan pada Januari 2021 untuk tingkat SMP. Kepala SMPN 5 Sumedang Ema Sri Komala mengatakan penyediaan tempat mencuci tangan kini diperbanyak lagi untuk setiap kelas guna menghadapi PTM dimasa pandemi covid 19.

"Saat ini baru ada 20 tempat cuci tangan yang dibuat secara permanen, dan rencananya akan terus ditambah minimal ada 35 buah atau satu ruangan satu tempat cuci tangan," jelas Ema, Rabu (11/11/2020).

Untuk sarana lainnya seperti hand sanitizer faceshield untuk semua guru, thermo gun sudah disediakan.
Dijelaskan Ema, ketika PTM diberlakukan pihaknya juga telah menyiapkan ruangan yang sebelumnya akan dilakukan sterilisasi.
"Untuk tempat duduk kami akan jaga jarak begitupun dengan kelas yang digunakan untuk PTM juga tidak berdampingan artinya akan dipisahkan oleh satu kelas yang dikosongkan," jelasnya.
Diakuinya selama proses belajar tidak ada waktu istirahat, dan pihaknya juga akan memisahkan  jalan masuk dan keluar sehingga tidak siswa berpapasangan secara langsung.
Namun demikian, lanjut Ema dari beberapa item yang harus dipenuhi oleh pihak sekolah saat akan menggelar PTM, ada 1 item yang dirasakan cukup berat yaitu dilakukannya test swab bagi guru dan juga karyawan.
"Untuk urusan test swab kami keberatan di biaya, kecuali kalau memang ada bantuan dari pihak lain intuk membantu biaya pelaksanaan test swab ini," tandasnya. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)