Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

DISDUKCAPIL - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang terus melakukan edukasi dan sosialisasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Saat ini, IKD menjadi layanan baru sistem kependudukan yang menjadi program nasional.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) pada Disdukcapil Kabupaten Sumedang, Rusyana mengatakan, selain melalui medias sosial, pihaknya sudah melakukan layanan jemput bola sosialisasi ke berbagai tempat, meskipun baru sebatas tingkat OPD. "Namun yang terbaru kami sudah sosialisasi IKD ini ke sekolah yang dinamakan "IKD goes to School" di SMK Bhakti Nusantara Sumedang," kata Rusyana, Rabu (31/5/2023).

Ia mengakui, IKD merupakan hal yang baru bagi masyarakat. Sehingga menurutnya, perlu adanya sosialisasi yang masif, meskipun secara bertahap. Terbaru, sosialisasi IKD dilakuan di acara Anniversary ke-25 Scooter Owner Group (SOG) Indonesia di Alun-Alun Sumedang, Minggu (28/5/2023). "Kami akui IKD ini belum memasyarakat. Jadi kelemahannya itu selain sosialisasi yang belum masif, juga pelayanan administrasi di perbankan belum support. Di bank masih diperlukan dokumen fisik administrasi kependudukan," ujarnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)